Belajar Coreldraw Cara Membuat Banner Scooteris

Posted by lukman Saturday, July 21, 2012 17 comments

Banner es tebu "scooteris"
Desain oleh lukman

Ok mari kita belajar membuat banner dengan corel draw untuk keperluan produk baru. Saya akan membuat Banner tentang Es Tebu. Saya akan beri nama Scooteris.
1. Siapkan area kerja seluas 1 m x 50 cm (Trik : untuk ukuran banner besar, semisal untuk spanduk di jalan (500 cm x 100 cm ) usahakan pakai skala saja. Jadi tidak perlu menggunakan ukuran asli nya. Seumpama 500 cm x 100 cm menjadi 50 cm x 10 cm. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu berat dalam proses kerjanya nanti seandainya dalam pengerjaannya menggunakan banyak efek.



2. Buatlah kotak dengan ukuran sama dengan area kerja (1 m x 50 cm) kemudian warnain dengan warna hijau.
(Tips : Untuk membuat kotak dengan ukuran area kerja, double klik symbol Rectangle maka otomatis akan muncul objek kotak sesuai dengan area kerja)
3. Sekarang kita buat background. Sebenarnya terdapat 4 bagian atau 4 objek yang membentuk background tersebut.
4. Yang pertama adalah kotak hijau yang dijadikan area kerja, kemudian yang kedua adalah objek warna biru gradasi. Cara membuatnya : Buat objek kotak dengan ukuran 40 cm x 54 cm, kemudian Convert kotak tersebut Tekan Ctrl+Q. Buatlah bagian kiri dari objek kotak tadi seperti huruf S atau lengkungan seperti terlihat di gambar menggunakan Shape Tool.


5. Untuk pewarnaan : seleksi objek yang telah di edit tadi kemudian pilih fill tool di Tool Box yang berada di sebelah kanan layar. Pilih Fountain Fill. Pada kotak Type pilih Linear. Kemudian di Color Blend pilih Two Color. Di kotak warna From pilih warna Blue dan di kotak To pilih warna Cyan. Kemudian OK. Sekarang 2 Objek sudah jadi.

6. Dengan cara yang sama untuk objek ketiga bentuk kedua sisi seperti gambar. Berikan variasi untuk pemanis di samping kiri kanan atas dan bawah. Sesuaikan warna. Usahakan warna yang hampir sama atau masih bernuansa hijau. Hal ini untuk menghindari desain yang terlalu ramai. Lalu seleksi seluruh objek tiga yang sudah kita buat dengan menekan keyboard Ctrl+G.

7. Untuk membuat objek yang keempat cukup mengkopi objek ketiga dengan cara seleksi objek ketiga lalu klik kanan mouse pilih Copy. Klik bebas. Kemudian Klik Kanan lagi lalu klik Paste. Atau dengan cara lain : Seleksi Objek ketiga, lalu tekan Ctrl+D.

8. Kemudian ubah ukuran menjadi 150% dari ukuran semula. Dengan cara seleksi objek kemudian aktifkan tombol lock ratio dan isi angka nya dengan angka 150. Nah sekarang kita sudah punya objek yang keempat. Putar objek ke empat 90 derajat.

9. Gabungkan objek sesuai dengan gambar. Seleksi objek dua, tiga dan empat group objek tersebut. Kemudian klik menu Effect di menu bar lalu klik powerclip => place inside container lalu klik di kotak hijau. Artinya adalah objek dua, tiga dan empat telah masuk di area kotak hijau atau objek pertama tadi.


10. Siapkan gambar Es tebu, kemudian dengan menggunakan Text Tool ketik “ES TEBU MURNI”
11. Ganti tipe huruf yang tadinya Arial menjadi Arial Black
(Catatan : Biasanya huruf arial sudah menjadi huruf bawaan dari Coreldraw)
12. Sesuaikan text tersebut dengan cara menarik manual atau mengganti ukuran nya.
13. Warnain dengan warna Blue. Kemudian kasih outline putih. Caranya : seleksi text nya lalu Klik kanan warna putih. Untuk mengatur tebal tipis outline, pilih outline pen. Lalu tebalkan outline nya menjadi 5 pt. Dan jangan lupa untuk checklist kotak behind fill dan juga Scale with image.



14. Ketik “SCOOTERIS” lalu pilih huruf Dynamic (Atau sesuai dengan keinginan). Sesuaikan dengan besar background dengan cara manual atau mengganti ukuran nya di Object Size.
15. Kemudian pilih menu Arrange lalu pilih Break Artistic Text. Maka text akan terpisah. Berikan kesan yang lebih manis dengan memutar setiap huruf sesuai keinginan.
16. Group huruf-huruf tadi kemudian duplicat satu kali.
17. Hasil duplikat huruf-huruf tadi kemudian di ungroup (Ctrl+U) lalu lakukan proses Weld.
18. Pilih simbol contour Tool di Tool Box, kemudian muncul pengaturan contour di property bar. Pilih warna kuning di kotak fill color. Lalu atur contour offset 1 mm. dan contour steps sebanyak 4. Warnain tulisan scooteris dengan warna merah. Maka akan timbul efek contour dari merah ke kuning.
19. Pasangkan di belakang huruf scooteris yang pertama (belum di Weld) kasih warna sesuai keinginan.
20. Selamat mencoba

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Belajar Coreldraw Cara Membuat Banner Scooteris
Ditulis oleh lukman
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://coreldraw-pemula.blogspot.com/2012/07/belajar-coreldraw-cara-membuat-banner.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

17 comments:

SUM412N0 said...

izin copas,oke siap cantumkan lihat aja di blog saya http://tecnoblogsiskom.blogspot.com/

INFO TERKINI said...

mantap gan... ane mau belajar nih :D
thanks ya :)

DOCUMENT TRIK GRATIS BUAT MESIN UANG GRATIS + MENAIKKAN TRAFIK BLOG said...

posts and your blog is very interesting article, keep your blog so I can visit again to see your blog posts and articles later .. thanks for the info

Komisi Melimpah said...

wah, makasih gan atas tutorialnya..semoga bermanfaat bagi banyak orang

pulsa murah tangerang said...

thanks sob

Reva said...

wahh bolehh tuh,,
thanks ya

Unknown said...

thanks gan, cuma sya mo taxnya lo` kita gunakan skala di corel draw untuk print sesuai ukuran aslinya gimana ? terima kasih

lukman said...

@sadam husen : Sbenarnya boleh saja. tapi menurut saya sih akan memperlambat kerja jika komputer yang digunakan mempunyai spec yang rendah. Kalo seumpama kita gunakan ukuran 5 m x 1 m, dengan efek shadow saja atau outline loading dalam coreldraw akan lama mungkin bisa saja "runtime error" karena spec komputer nya yang kurang tinggi

Itu trik saja kok. terima kasih atas kunjungannya ya gan

Variasi Blogger said...

dapet info baru nih disini tentang coreldraw makasih sob udah share :)

Download APlikasi Gratis Yang Full Version Ada Disini Gak Klik Bakalan Nyesel said...

Keren juga ya mbak, pengen lagi nih terjun ke dunia coreldraw setelah lama terjun di blogger. . . hehe malah curhat, makasi ya gan

Syukri said...

Sangat,, sangat bermanfaat..
Terima kasih Mas atas Ilmunya..

Syukri said...

Sangat sangat bermanfaat...
Makasih Mba atas Ilmunya,,,
Kalau bisa tutorial yg lainnya lagi ya Mba...

Wisata Bali Utara said...

Makasi gan atas infonya,
izin belajar buat benner disini ya :)

cara root android said...

Makasih infonya om..
sangat membantu dalam belajar corel draw.. :)

Download gratis Vektor Pita dan Label bagus dan keren said...

makasih infonya ya... :)

Banner Murah said...

sip mas, bagus

Unknown said...

terimakasih , sangat bermanfaat

Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://katalogalatantrian.blogspot.co.id/
atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

Post a Comment

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Belajar Design Grafis dengan Photo Shop dan Corel Draw.