CARA MEMBUAT SHORTCUT DI CORELDRAW

Posted by lukman Saturday, May 2, 2015 0 comments
Cara Membuat Shortcut Di Coreldraw adalah opsional. Artinya adalah seperti ini, Corel sudah menyediakan shortcut bawaan yang berisi perintah-perintah langsung dengan keyboard tanpa harus menggunakan Mouse dan Klik. Shortcut yang dimaksud adalah seperti “Text Tool” memiliki tombol di keyboard adalah F8, atau Zoom Tool dengan “Z”. Sangat sah jika menggunakan shortcut bawaan, akan tetapi terkadang ada yang kurang nyaman dan ingin mengganti Text dengan cukup menekan tombol A di keyboard atau yang lainnya.

Tutorial membuat jalan pintas di Coreldraw ini akan membantu dengan sederhana dan mudah dipahami. Tanpa harus ada tool tambahan atau sebagainya. Perhatikan step by step penjelasan yang akan saya berikan dan semoga bisa dipahami. Akan tetapi jika terdapat hal yang kurang jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar.

MEMBUAT SHORTCUT PADA KEYBOARD DI CORELDRAW

  • Langkah pertama adalah cari di Menu Bar dan sorot “Snap To” klik kanan. Customize dan pilih Toolbar Item kemudian pilih Properties.
  • Akan muncul pop up, atau box baru yang masih dalam kondisi General. Tugas selanjutnya adalah memilih dalam mode Shortcut dengan cara klik “Shortcut Keys”.
  • Pilih item yang akan di beri shortcut. Saya akan mencontohkan dengan memilih di bagian Toolbox dan memilih Crop Tool.
  • Selanjutnya pilih “New Shortcut Key” dan isi sesuai keinginan. Saya akan memilih “O” kemudian Assign.
  • Kemudian OK.

Cukup itu, Cara Membuat Shortcut Di Coreldraw ini sangat sederhana dan menurut saya sangat bermanfaat. Karena menurut saya untuk memudahkan navigasi jari jari sehingga akan lebih cepat dalam memberikan setiap efek pada sebuah desain. Jangan lupa setelah menentukan apa yang dijadikan Shortcut, coba apakah teknik tersebut sudah berhasil dijalankan dengan baik. Jika tidak berhasil, cobalah sekali lagi. Pasti ada yang terlewat dari setiap triknya. Satu hal lagi yang tidak boleh lupa adalah jangan sampai tertumpuk antara satu perintah dengan perintah lain. Misalnya adalah kita ingin mengganti tombol pintas “Text Tool” dengan huruf C akan tetapi “C” itu sendiri sudah dipakai untuk tombol pintas yang lain, maka sebaiknya gunakan shortcut yang belum dipakai atau menghapus salah satu nya terlebih dahulu.

Semoga tutorial kali ini bisa membantu, maaf jika agak terlalu rumit dalam penjelasannya. Komentar yang di sampaikan akan segera saya balas dan respon dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan saya. Terima Kasih.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CARA MEMBUAT SHORTCUT DI CORELDRAW
Ditulis oleh lukman
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://coreldraw-pemula.blogspot.com/2015/05/cara-membuat-shortcut-di-coreldraw.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment